Jumat, 16 Desember 2016

Pengertian dan Macam-macam server





Tentu saja kita sudah sering mendengar kata server, tapi apa server itu ? Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer dan bagian yang menangani suatu kumpulan data (database) untuk memberikan pelayanan pada client server, dengan adanya server ini akan memberikan layanan pada klient atau pemakai komputer untuk terhubung ke internet atau ke komputer yang lain. Server didukung dengan  prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar dan juga dilengkapi dengan sistem operasi jaringan atau Network Operating System. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yangmengontrol akses terhadap jaringan dan sumber saya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses terhadap workstation anggota jaringan.
Umumnya didalam sistem operasi server terdapat berbagai macam service yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari service ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS server dan lain sebagainya.
Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam berbagai jenis, seperti : server aplikasi (application server), server data (data server) maupun server proxy (proxy server). Server aplikasi adalah server yang diguanak nuntuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengantur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke internet. Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan atau sekedar penyimpanan data.
Sekarang kita beralih pada macam-macam server. Nah, dibawah ini saya akan menjelaskan macam-macam server itu sendiri.
1. Fax Server
Fax server digunakan untuk melayani servis fax bagi client, dengan server ini segala permintaan pengiriman fax maupun penerimaan fax akan dilakukan diserver ini.
2. FTP Server
Server ini mempunyai layanan protocol FTP. Apa itu FTP ? File Transfer Protokol adalah suatu protocol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang men-support TCP/IP protokol, dengan kata lain FTP merupakan protokol untuk layanan transfer data. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP client. Artinya dengan adanya server ini, segala permintaan FTP akan terlaksana.
3.Web Server
Web server adalah sebuah perangkat lunak yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan pada protokol https atau http yang diakses dengan menggunakan browser. Cara kerjanya adalah web ini akan merespon permintaan yang ada dengan mengirimkan konten berupa gambar, tulisan, maupun bentuk lainnya yang kemudian akan ditampilkan pada browser.
4.Mail Server
Server ini memiliki fungsi untuk melayani client khususnya dalam kirim-mengirim surat, selain untuk mengirim surat, mail server ini menyediakan layanan web interface untuk memudahkan para client untuk mengorganisir atau menulis surat yang dimiliki client.
5.File Server
File server dapat diartikan sebagai tempat yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan. Kapasitas yang dimiliki server ini tergantung dari HDD (Hard Disk Drive) yang ada pada server tersebut.
6.Game Server
Kalian pernah memainkan game online ? seperti yang sedang nge-hits baru-baru ini seperti GTA-V online, CS-GO, Overwatch, dan masih banyak lagi. Nah dalam dunia game pun pasti memiliki server untuk menghubungkan antar pemain (client). Game server ini bisa merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.
7.DNS Server
Domain Name System (DNS) adalah Distribute Database System yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di rangkaian yang menggunakan TCP/IP. DNS ini merupakan sebuah aplikasi service yang biasa digunakan di internet seperti web browser atau e-mail yang menerjemahkan sebuah informasi nama host atau domain menjadi sebuah IP address.
8.Proxy Server
Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet, atau dengan kata lain, server proxy adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Proxy server bisa berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungkan komputer kita dengan jaringan luar.
9.Database Server
Adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didefikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL atau Microsoft SQL Server) sangat bergantung kepada model client-server) untuk mengakses basis datanya. Port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( MySql ) dan 5432 ( PgSQL ).
10.Print Server
Server ini merupakan pusat layanan untuk kegiatan percetakan atau print client. Print server merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengakses printer, atau gadget lain seperti scanner, external hard drive, flash drive, memory card reader, USB webcam, dan USB speaker dari komputer mana saja tanpa harus ada komputer yang bertindak sebagai server. Didesain untuk berbagi USB dengan seluruh jaringan (print LAN), dirumah maupun kantor.
11.Server Aplikasi
Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sumber dayanya untuk dapat diproses komputer lainnya di jaringan. Yang termasuk dalam kategori jenis server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk program-program tertentu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, penjualan, dan lain sebagainya.
12. Streaming Media Server
Server ini merupakan sebuah web server atau aplikasi yang terinstal didalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara realtimeatau streaming din internet. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merenpons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yangmenjalankan service DHCP server, ketika sebuah klien  membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar